Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Mencari Tempat Jual Guardrail

Jual GuardrailGuardrail adalah salah satu komponen keamanan yang ada di jalan raya yang bisa ditemukan dengan mudah di tempat jual guardrail. Guardrail terbuat dari baja dengan dilapisi oleh hot dip galvanis jadi anti karat dan tahan dengan segala cuaca.

Guardrail tidak dipasang di semua jalanan melainkan jalan-jalan tertentu saja misalnya jalanan yang berbahaya, jalan menurun, jalan bebas hambatan, jalan belokan dan lain-lain.

Sedangkan fungsi utama dari guardrail adalah untuk menahan kecepatan kendaraan yang menabraknya supaya tidak keluar dari jalur maupun terlempar ke sungai ataupun ke jurang.

Lembaran baja akan diproses dengan menggunakan mesin cold-tool supaya dapat menghasilkan w-beam berkualitas tinggi.

Apa Fungsi Guardrail?

Untuk Anda yang saat ini ingin mencari tempat jual guardrail, tentu Anda harus tahu dulu apa fungsi dari guardrail. Guardrail fungsinya adalah menahan energi kinetik pada kendaraan yang menabraknya jadi kendaraan tersebut tidak terlempar ke jurang atau ke luar jalur dan membuat kendaraan berada di badan jalan.

Guardrail juga mampu mengurangi guncangan yang hebat jadi dampak kecelakaan yang buruk pun bisa segera di minimalisir. Akibat kecelakaan akan jadi lebih parah jika tidak ada guardrail atau pelindung di sisi jalan.

Beberapa Komponen dari Guardrail

Selain mengetahui fungsi dari guardrail, tentunya Anda juga perlu mengetahui apa saja komponen yang ada pada guardrail.

  • Beam, sebuah lempengan baja dengan bentuk memanjang yang jika dilihat dari samping bentuknya w. Komponen ini merupakan komponen paling utama yang tugasnya nanti menahan kendaraan yang melaju dan menabraknya.
  • Post, yaitu tiang penyangga beam.
  • Steel block, yaitu alat penghubung diantara beam dan post.
  • End Blok, yaitu bagian pada tepi yang dipasangkan pada ujung guardrail.
  • Reflektor, tugasnya adalah untuk memantulkan cahaya supaya para pengendara tahu dimana letak guardrail saat malam hari.
  • Mur baut, fungsinya adalah untuk mengunci komponen guardrail.

Cara Memasang Guardrail

Sebelum dilakukan pemasangan guardrail, tentunya survey harus dilakukan terlebih dahulu, baru kemudian pengukuran, persiapan bahan dan selanjutnya pemasangan guardrail pun baru bisa dilakukan. Nah, untuk langkah pemasangannya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah pemasangan rambu traffic cone supaya orang-orang tidak dapat mengakses atau melewati area kerja.
  2. Semua pekerja harus menggunakan rompi scotlight supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  3. Langkah ketiga, menggali tanah yang akan berguna nantinya untuk menanam post penyangga dari beam tersebut.
  4. Supaya terhindar dari penurunan tanah, maka bagian dalam pada lubang post akan dikeraskan terlebih dahulu dengan cara menambah pasir yang ketebalannya mencapai 10 cm.
  5. Memasang post dengan posisi berdiri atau tegak.
  6. Jika sudah selesai, giliran beam dan steel blok yang akan dipasang. Jadi pasang baut-baut pengunci baru kemudian cek kelurusan serta ketinggiannya.
  7. Lakukan pengecoran di bagian bawah tiang penyangga atau post.
  8. Setelah selesai pengecoran, beton harus dilindungi dari pengeringan dengan cara menutupnya dengan karung goni atau menyiramnya sampai 3 hingga 7 hari lamanya.
  9. Jika semua komponen sudah selesai dipasang dengan baik, proses finishingnya nanti adalah pemasangan reflektor supaya jika malam hari sudah tiba maka para pengendara akan tahu dimana keberadaan batas guardrail.

Tips Agar Guardrail Tetap Berfungsi dengan Baik

Supaya menjaga kondisi guardrail atau pagar pengaman jalan selalu berada dalam kondisi yang semestinya, tentunya Anda harus melakukan beberapa tips di bawah ini:

  1. Semua benda-benda yang ada di sekitar guardrail yang dapat membuat fungsi dan arti dari pagar pengaman jalan berkurang harus lebih dulu dihilangkan atau disingkirkan.
  2. Pagar pengaman jalan yang sudah kotor juga harus dibersihkan supaya para pengendara atau pengguna jalan melihat dengan jelas penampakan dari guardrail ini. Karena pagar pengaman yang ada di jalanan bisa saja terkena kotoran yang akan membuat orang-orang sulit menemukannya di jalan.
  3. Jika ada pagar pengaman yang sudah bengkok maka harus diluruskan kembali. Selain agar bentuknya kembali seperti semula, guardrail juga akan berfungsi dengan baik. Pagar pengaman yang bengkok sudah pasti tidak akan bisa menahan laju kendaraan yang menabrak apalagi jika pengendara melaju dengan sangat cepat. Sudah pasti fungsi dari pagar pengaman yang bengkok ini akan berkurang bahkan tidak ada sama sekali.
  4. Jika terjadi kehilangan atau bahkan kerusakan pada pagar pengaman jalan maka harus dilakukan perbaikan atau penggantian jika memang tidak bisa diperbaiki lagi. Karena biasanya guardrail akan mengalami penyusutan pada masa pakainya. Jadi harus dilakukan pengecekan secara berkala apakah pagar pengaman yang ada di jalan-jalan berbahaya tetap berfungsi dengan sebenar-benarnya atau tidak.
  5. Pagar pengaman tidak akan berfungsi dengan baik apabila ada kunci besi atau baut yang hilang dicuri tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, sebaiknya harus diawasi dengan sebaik mungkin supaya fungsi dari guardrail tetap akan berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan dipasangkannya guardrail atau besi pengaman jalan tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar seperti menghindari kendaraan yang menabrak keluar dari jalur hitam sehingga akhirnya masuk ke sungai atau kurang. Kejadian seperti ini seharusnya tidak terjadi lagi apabila guard rail benar-benar dijaga dengan baik.

Penyedia Guardrail Terbaik Berkualitas Tinggi

Perkenalkan kami dari PT Karunia Persada yang merupakan perusahaan nasional yang bergerak di bidang konstruksi baja menyediakan Guardrail terbaik berkualitas tinggi dengan harga bersaing.

Dengan tag line “Strength and Innovation” kami ingin selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami yaitu dengan melakukan Inovasi-inovasi dari produk utama kami sesuai dengan kebutuhan dilapangan sehingga memberikan nilai tambah bagi para pelanggan seperti produk guardrail ini.

STANDAR

Material          : JIS G3101 eq SS400/SPHC
Desain            : SNI 07-0950-1989 dan AASHTO M-180
Galvanized     : ASTM A – 123
Bolt and Nuts : AS 1112 Grade 8.8

DIMENSI

Beam              : 4320 x 312 x 2.7 mm
Post                : 1800 x 180 x 72 x (ketebalan) mm
Blocking          : 350 x 180 x 72 x (ketebalan) mm
Terminal End  : 725 x 312 x 2.7 mm

Detail spesifikasi produk silahkan klik disini

Baca artikel lain : Jual pembatas jalan, Tiang lampu PJU Solar Cell, Jual Delineator, Jual crash cushion

Harga Guardrail

Untuk harga biar lebih jelas silahkan langsung menghubungi tim marketing kami di 0813-1092-9115, silahkan konsultasikan kebutuhannya nanti kami akan merekomendasikan produk terbaik kami dengan harga Ok punya.

Jual Guardrail Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor dan kota-kota lain di indonesia

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pagar_pengaman_jalan